Apa Itu Teknik Informatika? - IMedia9 - Education

Breaking

Sunday, May 20, 2018

Apa Itu Teknik Informatika?



Apa Itu Teknik Informatika - Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari tentang bagaimana penerapan logika matematika dalam mengolah informasi, melakukan transformasi data atau rekayasa digital dengan memanfaatkan teknologi komputer. Teknik Informatika terdiri dari beragam disiplin ilmu yang saling terkait satu sama lain dengan tetap berdasarkan kepada penggunaan teknologi komputer. Dalam hal ini, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan teknik informatika adalah kemampuan untuk berpikir logis dan terstruktur.

Secara umum materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain:

1.   Sistem Informasi
Materi ini menjelaskan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, dan pemeliharaan sebuah sistem informasi yang telah diimplementasikan.

2.   Rekayasa Perangkat Lunak
Materi ini menjelaskan tentang konsep analisis dan desain sebuah perangkat lunak, metode pengembangan perangkat lunak, serta beragam teknik pemrograman perangkat luinak baik standalone maupun client server.

3.   Pemrograman dan Komputasi
Materi ini menjelaskan tentang pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, sistem terdistribusi, dan teknologi antar jaringan.

4.   Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi ini menjelaskan tentang segala hal yang berkaitan dengan arsitektur jaringan pada komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, dan sistem mikroprosesor.

5.  Pemrograman Mobile 
Materi ini merupakan materi baru yang muncul dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang demikian pesat. Materi ini sama seperti pada pemrograman lainnya hanya saja implementasinya lebih terfokus pada media gadget atau tablet.

Sementara dalam ruang lingkup yang lebih luas, Teknik Informatika meliputi beberapa aspek yaitu:

1. Ilmu Informasi 
Ilmu yang yang mempelajari tentang cara pengumpulan fakta, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, cara pengaksesan, dan mekanisme penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh.

2. Ilmu Komputer
Ilmu yang mempelajari tentang pemrosesan, teknik pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.

3. Keamanan Informasi
Ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang ada pada sistem atau komputers.

No comments:

Post a Comment

Carousel