10 Tips Yang (Mudah-Mudahan) Manjur Untuk Menyelesaikan Skripsi - IMedia9 - Education

Breaking

Wednesday, April 25, 2018

10 Tips Yang (Mudah-Mudahan) Manjur Untuk Menyelesaikan Skripsi



Artikel ini penting bagi anda yang ingin menyelesaikan skripsi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Namun anda perlu tahu terlebih dahulu, apa perbedaan terbesar antara tugas skripsi dan tugas kuliah biasa? Dalam tugas biasa, para mahasiswa masih dapat menggunakan jurus ampuh nan cerdas yaitu copy-paste. Tugas yang mungkin hanya selembar atau dua lembar dapat disalin dengan kecepatan tinggi bahkan jika tugas tersebut harus ditulis dengan tangan. Sedangkan skripsi?

Tidak!

Percayalah. Tidak ada satu pun kampus yang mengijinkan mahasiswanya lulus dengan skripsi hasil copas. Karena skripsi jenis ini masuk ke dalam kategori plagiarisme yang dapat menjatuhkan nama baik kampus. Sehingga daripada gara-gara “copas seskripsi, rusak reputasi sekampusnya”, maka skripsi menjadi tugas akhir yang sangat ketat pengawasannya.
Para mahasiswa sendiri sering mengeluh tentang skripsi. Ada banyak alasan kenapa mereka tidak bisa mengerjakan skripsi ini. Mulai dari alasan teknis, alasan bisnis, alasan medis, alasan antagonis, sampai alasan romantis. Berikut ini adalah 10 tips yang (mudah-mudahan) manjur dan bisa anda gunakan untuk menyelesaikan permasalahan skripsi anda.

Ingat! Ini hanya tips untuk menyelsaikan masalah skripsi. Untuk menangani masalah percintaan dan hutang anda, dipersilahkan untuk mencari artikel lain aja.

1. Rencanakan Judul Dengan Matang, Jangan Sampai Ganti Judul Di Tengah Jalan

Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi

Gagal merencanakan judul skripsi, sama dengan merencanakan untuk galau. Cius! Kalau anda gagal dalam tahap ini, anda sudah pasti tidak akan bisa menyelesaikan skripsi. Sudah tidak terhitung ada berapa banya kasus mahasiswa yang mendadak ganti judul di tengah perjalanan. Mengganti judul skripsi di tengah jalan akan berimbas pada waktu. Waktu untuk sidang, waktu untuk lulus dan waktu untuk ketemu calon mertua.

2. Buatlah Judul Skripsi Dengan Pola KOMAT

Tips menyelesaikan skripsi

Salah satu rumus umum yang dapat digunakan untuk membuat sebuah judul skripsi adalah KOMAT (Kegiatan, Objek, Metode/Alat, Tempat). Berikut adalah salah satu contoh judul yang baik. Jangan dilihat dari judulnya yang ngaco, tapi lihatlah dari pola  urutan judul yang digunakan untuk membentuknya.
(Kegiatan) Analisis (Objek) Kinerja Puskesmas (Metode/Alat) Menggunakan Metode Gado-Gado (Tempat) Di Bengkel Mobil .

3. Usahakan untuk mengerjakan skripsi anda sendiri!

CKDWV_4X1MXS

Skripsi adalah tugas anda yang harus anda kerjakan sendiri. Jangan pernah membeli skripsi anda di biro jasa pembuatan skripsi, buka lapak, atau semacamnya. Mungkin dengan cara itu anda bisa menyelesaikan skripis, tapi ingatlah hal terpenting dalam skripsi bukanlah dokumennya, melainkan “rangkaian proses kehidupan” yang harus anda lalui untuk menyelesaikannya.

4. Jalin hubungan baik dengan Dosen Pembimbing anda

Sidang 3

Dosen pembimbing anda adalah konsultan terdekat sekaligus pembela anda saat berada di dalam ruangan sidang yang menakutkan. Itu sebabnya anda harus baik-baikan dengan dosen pembimbing anda, jangan sampai dosen pembimbing berubah wujud menjadi dosen penguji yang lebih galak saat persidangan.

5. Kerjakanlah skripsi di tempat yang tenang dan jauh dari keributan

Sidang 4

Jangan mengerjakan skripsi di tempat yang terlalu ramai seperti rumah makan, cafe, atau tempat fotokopi. Skripsi juga bukan tugas satu mata kuliah yang selembar dua lembar bisa diketik ngebut sambil mendengarkan musik dangdut. Usahakan fokus mengerjakan skripsi di tempat yang sepi dan tenang.

6. Puasa main game online sampai skripsi kelar! 

Sidang 5

Penyakit lama para pemain game online adalah kesulitan untuk berhenti. Maklum, kebanyakan game online menyediakan quest harian yang harus anda selesaikan setiap hati untuk menjaga dan terus meningkatkan exp anda. Khusus pada saat mengerjakan skripsi, lupakan dulu itu semua. Cius!

7. Buatlah deadline skripsi yang ketat untuk anda sendiri

Sidang 6

Para mahasiswa yang kedodoran mengerjakan skripsi sering berpedoman pada pepatah “Biarlah Mengalir Seperti Air”. Akibatnya, tidak ada pernah deadline yang jelas dan pengerjaan skripsi semakin berlarut-larut. Buatlah jadwal rutin misal dalam 1 hari = 1 jam = 1 halaman.

8. Perhitungkan waktu bimbingan dengan dosen

Sidang 7

Waktu adalah kunci utama. Anda harus ingat jika dosen anda memiliki segudang aktivitas dan kesibukan yang luar biasa. Pekerjaan dosen kan nggak hanya nongkrongin skripsi anda yang nggak kelar-kelar? Oleh karena itu, anda perlu memperhitungkan waktu bimbingan dengan dosen dan waktu penggantinya jika dosen anda sedang berhalangan. Sebagai mahasiswa, anda yang harus menyesuaikan waktu dengan dosen dan bukan sebaliknya.

9. Banyaklah berlatih membuat slide power point dan public speaking

Sidang 8

Banyak mahasiswa yang menganggap remeh pembuatan slide power point dan kemampuan public speaking. Padahal, nilai skripsi itu selalu terdiri dari  poin: 1) Kelengkapan dokumen Skripsi dan tata bahasa, 2) Cara presentasi dan 3) Penguasaan materi. Itu artinya, bobot nilai dari slide power point + presentasi anda adalah 30% dari keseluruhan nilai akhir skripsi anda.

10. Berdoalah kepada Allah SWT untuk kelancaran skripsi anda

Sidang 9

Soal ini sudah jelas sekali bukan? Bapak saya pernah bercerita bahwa saat beliau skripsi dulu, beliau pernah berdoa satu hal kepada Allah SWT yaitu agar salah satu dosen paling senior keluar saat sidangnya dan tidak memberikan pertanyaan apa pun kepadanya. Doa tersebut menurut saya sangat nggak logis?

Ayolah!

Mana ada dosen penguji yang keluar dari ruangan sidang dan memilih untuk tidak bertanya pada mahasiswa yang sedang diujinya? Faktanya? Doa bapak saya dikabulkan. Ajaib bener kan? Jadi kalau kita pikir-pikir lagi apa yang bisa menghalangi kehendak Allah? Oleh karena itu, saran saya bagi seluruh mahasiswa yang sedang sibuk kuliah, jangan pernah lupa untuk berdoa kepada-Nya.

Semoga cepat lulus.

No comments:

Post a Comment