Cara Membuat Komik Menggunakan Pixton - IMedia9 - Education

Breaking

Friday, November 11, 2016

Cara Membuat Komik Menggunakan Pixton

cara membuat komik


Anda punya keinginan untuk membuat komik strip tapi nggak bisa menggambar? Tenang. Saat ini ada banyak service gratis untuk pembuatan komik yang bisa anda gunakan.
Servis tersebut biasanya disebut: Comic Generator.

Yah, namanya juga gratis. Jadi jangan harap hasil gambarnya akan sekeren komik One Piece atau Naruto. :-)

Lagipula tujuan utama dari pembuatan komik strip adalah untuk menjelaskan sesuatu ke dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti. Selain tentunya, tujuan lainnya adalah sekedar have fun dan sharing cerita-cerita lucu doang.

Selama ini saya sering menggunakan Bitstrip untuk membuat komik strip yang selain dipakai untuk lucu-lucuan, juga digunakan untuk menjelaskan berbagai hal dalam web ini. Sayangnya, servis Bitstrip mendadak dihentikan oleh developernya beberapa bulan lalu.

Salah satu alasannya adalah adanya akuisisi oleh sebuah perusahaan lain yang sedang mencoba untuk mengalihkan servisnya ke dalam bentuk lain.

Kalau nggak salah sih namanya juga berubah jadi Bitmoji atau apa gitu.
Well, ya sudahlah. Sampai servisnya nyala lagi, saya terpaksa cari alternatif comic generator yang lain.

Pilihan saya lalu jatuh pada Pixton yang konon kabarnya merupakan comic generator online terbesar di seluruh ayam semesta. Dan ngomong-ngomong soal ayam, saya jadi pengin bikin cerita soal ayam.
Anda bisa mengakses Pixton di sini: https://www.pixton.com
Untuk penggunaan personil silahkan pilih saja Pixton for Fun. Cara registrasinya gampang banget lah. Buat anda yang udah biasa logan-login ke berbagai macam medsos pasti sudah tidak asing.



Bagi anda yang saat ini masih menjadi mahasiswa, atau memang diminta dosennya untuk bikin komik, bisa pilih Yes. Tapi pilih No juga nggak masalah kayaknya. Saya juga bingung. Yes atau No? Yes ajalah. Tapi No juga boleh. *Gubrak!*



Bagi anda yang menyukai hal-hal gratis, saya sarankan untuk memilih Pixton Basic. Jadi tawaran ini klik No, Thanks dah. Kecuali kalau anda memang niat ingin bermain dengan Pixton lebih jauh.



Oke. Setelah anda berhasil login, maka tampilan awalnya adalah seperti berikut. Dan langkah awal yang saya rekomendasikan sebelum membuat komik adalah membuat karakternya. Jadi klik Create Character.



Pilih gendernya: Laki-laki atau Perempuan. Pixton tidak mendukung transgender dan gender-gender nggak jelas lainnya. Jadi tentukan gender anda sekarang. Its a MUST!



Pilih nama karakter yang anda inginkan, dan pilih bentuk rambut.



Kalau sudah selesai pilih Layout yang akan anda gunakan. Biasanya sih saya pilih Comic Strip. Untuk tutorial ini saya penasaran pengin coba Storyboard. Apaan ini ya?



Langkah selanjutnya adalah memiliki background. Sampai sini langkah-langkahnya mudah untuk diikuti bukan?



Oke. Bagian ini rada berbeda dengan Bitstrip. Anda dihadapkan pada pilihan berapa karakter yang akan berdialog. Hmm, mungkin ini hanya template sih. Mungkin di dalam komiknya nanti kita tetap bisa menambahkan karakter yang lain.
Ah, daripada pusing. Pilih 2 Character aja. Hajar bleh!



Pilih Character 1. Saya pilih Rain.



Pilih Character 2. Saya pilih Pak Petani.



Tunggu beberapa saat sampai semuanya selesai di loading dan ini hasilnya. Template dasar dari komik yang akan kita buat.



Pose setiap karakter dapat diganti sesuai dengan template yang sudah disediakan. Caranya? Klik karakter yang diinginkan. Dan klik tombol Pose (tombol ketiga dari kiri, yang ada gambar orang berlari)



Pilih template yang tersedia. Tinggal klik saja



Ta-da. Posenya langsung berubah kan?



Lakukan hal yang sama dengan karakter yang lain.



Dan mulailah bercerita.



Untuk menambahkan panel baru anda cukup klik tombol + di pojok kanan bawah



Umumnya panel baru akan menduplikasi gambar pada panel sebelumnya. Standarnya memang gitu. Jadi tinggal dilakukan saja modifikasi sesuai dengan keinginan



Oh ya, ada satu fitur penting yang rasanya cukup penting untuk saya beri tahu. Yaitu fitur Flip. (Tombol pertama di bagian bawah)



Template pose karakter memang terbatas, tapi dengan fitur flip posenya jadi bisa berlaku untuk kiri dan kanan. Jadi rada lumayanlah



Setelah komik anda selesai anda cukup klik tombol publih dan thats it! Selamat! Anda baru saja membuat komik pertama anda menggunakan Pixton.


No comments:

Post a Comment

Carousel