Unity + Admob - IMedia9 - Education

Breaking

Wednesday, March 30, 2016

Unity + Admob



Postingan ini saya tujukan khusus untuk De Marsito Cory yang sering memberondong fb saya dengan  ribuan pertanyaan sampai-sampai saya kebingungan jawabnya, hehehe. Ada banyak cara untuk menambahkan sebuah ads di dalam aplikasi/game Unity kita (supaya kita bisa dapet duit), dan salah satu yang paling mudah adalah dengan Admob.

Ada dua hal yang perlu anda lakukan sebelum dapat mengintegrasikan Admob dengan Unity.
1. Anda perlu melakukan registrasi ke situs Admob, setelah itu anda harus mendaftarkan sebuah aplikasi yang akan untuk dimonetisasi (Monetize new app) dan mendapatkan Publisher ID Admob dengan format "ca-pub-id-xxx".



2. Download package Admob yang bisa anda dapatkan secara gratis pada forum Unity di sini: http://forum.unity3d.com/threads/free-admob-plugin-simple-prefab.167731/. 

Jika kedua langkah itu sudah anda lakukan maka langkah selanjutnya adalah langkah yang super simpel. Buat aplikasi baru di Unity bikin New Project atau buka project yang sudah ada sebelumnya terserah.



Habis itu import deh si package Admob (namanya Newadmobplugin kalo nggak salah), tinggal tarik aja dari eksplorer ke panel Assets. Beres.



Selanjutnya tarik prefab Admob ke Scene dan atur publisher id dengan publisher id milik anda sendiri.



Jalankan aplikasi anda. Ta-da! Anda sudah berhasil menggabungkan Unity dengan Admob. Gampang kan? Kan? Kan? Kunci utama dari Admob adalah posisi dari iklannya sendiri, anda cukup memainkan parameter Size, Orientation, Horizontal, dan Vertical Position. Akan butuh beberapa saat sebelum iklan muncul pada aplikasi anda jadi sabar saja. Tapi kalau sekedar ingin mengetahui posisi dari iklan yang akan ditampilkan, anda bisa mengujinya dengan menggunakan script AdmobPluginDebug dan AdmobPluginMockup.



Udah ah, segitu dulu tutorial gejenya. Selamat beriklan menggunakan Admob.

3 comments:

  1. Ts Nyimak kang.."
    Makasih yaa atas tutornya...


    ReplyDelete
  2. Ts Nyimak kang.."
    Makasih yaa atas tutornya...


    ReplyDelete
  3. sepertinya link download untuk plugin sudah tidak ada, http://forum.unity3d.com/threads/free-admob-plugin-simple-prefab.167731/.

    untuk mendapatkan plugin newadmobplugin.unitypackage gimana ya caranya?.. mohon di bantu

    shonidd@yahoo.com

    ReplyDelete

Carousel