Buku Unity Indonesia 2016 - IMedia9 - Education

Breaking

Sunday, February 7, 2016

Buku Unity Indonesia 2016


Alhamdulillah. Buku Unity Tutorial Game Engine yang terbit pertama kali tahun 2014 mendapat sambitan... eh, sambutan yang hangat dari pembaca. Pada akhir tahun 2015, saya kembali diminta oleh pihak Penerbit untuk membuat versi revisi dari buku tersebut berkaitan dengan versi Unity yang ngebut banget nambahnya. Setelah menimbang, menimang, meminang, dan mengarang-ngarang, akhirnya saya putuskan untuk merombak TOTAL struktur buku Unity Tutorial Game Engine (alih-alih hanya membuat sedikit revisi). Buku ini ditulis dengan menggunakan Unity versi 5.1 dan saat buku ini selesai dicetak, Unity sudah masuk versi 5.3. Ugh! Lagi-lagi telat. Emang Unity kenceng banget euy nambah versinya.  

Dalam buku versi Revisi ini, buku Unity akan dibagi ke dalam 3 bab besar. Bab pertama, berisi kumpulan dasar-dasar coding Unity yang lebih menitikberatkan pada penggunaan basic C#. Bab kedua, berisi fungsi-fungsi dasar penggunaan IDE Unity dan beberapa fitur khusus. Dan bab ketiga, berisi plugin-plugin dari pihak ketiga yang support dengan Unity seperti Fungus Framework, Vuforia dan Face Detection. Harapan saya sih, struktur baru ini mudah-mudahan bisa membantu para pembaca untuk memilih, dan memilah bab-bab mana saja yang menarik untuk dipelajari.
Dan kabar gembiranya adalah pada awal Februari kemarin, buku Unity Tutorial Game Engine versi Revisi telah selesai dicetak. Bagaimana penampakan buku baru ini? Please cekidot. It's sooo fresh from the Oven!


Yup! Dalam buku baru ini, Kiky si kancil sang maskot sukses nongol jadi Cover Boy..., eh Cover Kancil. Sampul depannya memang merupakan request khusus yang langsung di-acc oleh pihak Penerbit. Hatur nuhun pisan pak Ade dan pak Benny. Oh ya, maskot Kiky si kancil 3D yang keren ini dibuat oleh mas Hendri Nugraha. Dan buku ini Insya Allah akan beredar di toko-toko buku di kota-kota besar seluruh Indonesia mulai bulan Maret 2016. Jadi tungguin aja ya. Sabar. Sabar. Sabar.

8 comments:

  1. waahhh diantos kang Rickman, siap siap ka palasari yeuh..
    Kira kira di bandrol berapa tuh versi baru kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga resmi toko buku Gramedia dan sekitarnya: Rp. 85.000, Harga togamas dan Palasari dipotong sekitar 15% kalau nggak salah. Harga bukunya memang jadi lebih mahal soalnya pake cover Kiky Si Kancil *naon hubunganana?*

      Delete
  2. Kelamaan kang release nya, takutnya pas release versi unitynya dah ganti jadi 6.00 lagi wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending cuma jadi versi 6.00 kalau loncat 1 versi kayak kasus Windows 10, tiba-tiba Unity masuk versi 7.00. Jleb! Apes banget dah, buku baru rilis langsung kadaluarsa, nasib... nasib...

      Delete
  3. bang ini lengkap ga soalnya saya lagi nyari buku game engine unity

    ReplyDelete
    Replies
    1. materi unity itu luas banget gan. jadi buku ini cuma membahas apa yang saya tahu aja. kalo diitung2 mungkin isi buku ini cuma 1% dari seluruh materi unity.

      Delete
  4. Bang disitu ada cara bikin unity dengan Location Based Service ngga?

    ReplyDelete
  5. termasuk ada tutoril pembuatan karakter 3Dnya mas ?
    harganya berapaan ya mas ?

    ReplyDelete

Carousel