Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Part 3) - IMedia9 - Education

Breaking

Saturday, January 24, 2015

Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Part 3)

Halo semuanya? Kembali lagi di tutorial unity kancil yang super gokil! Dalam postingan ini kita akan langsung membahas pada scene game utama yang mengambil konsep dari FPS. Sekedar pengingat, agan-agan yang ketinggalan bisa membaca kembali Tutorial 1 dan Tutorial 2 pada postingan sebelumnya. OK. Langsung cekidot deh! Pertama-tama bikinlah Scene baru di Project sebelumnya. Sehabis itu tambakan sebuah Terrain dengan cara klik menu GameObject > 3D Object > Terrain.

Kasih Directional Light (GameObject > Light > Directional Light) dan berikan texture rumput pada Terrain (Assets > Import Package > Terrain Assets). Buat agan-agan yang lupa cara ngasih texture pada Terrain bisa dibaca-baca lagi postingan jadul di sini: Hello World.

Selanjutnya Impor Package Character Controller dan pasang First Person Controller. Atur agar posisinya sedikit di atas Terrain biar nggak nyungsep ke bawah.

Habis itu Impor Package Skyboxes dan pasang Skybox dari menu Edit > Render Settings untuk menampilkan langit biru. Done! Sampai di sini, seting tanahnya sudah beres.

Selanjutnya ubah ukuran Terrain menjadi 10 x 2000 pixel menggunakan menu Terrain Settings. Mulai mirip sebuah jalur balapan kan?

Selanjutnya bikin sebuah Cube yang rencananya akan kita jadikan sebagai item yang harus dikumpulkan oleh player.

Tes game anda. Gunakan anak panah untuk berjalan di atas terrain dan perhatikan jika anda tidak bisa menabrak cube yang ada di tengah. Ini bagus. Ini tandanya karakter anda mengenali ada sesuatu di sana. Hal ini bisa kita jadikan acuan untuk nambahin poin, angka atau semacamnya.


Udah ah, segitu dulu tutorialnya. Lagi ngantuk euy. Ntar dilanjutin lagi ya. Hatur nuhun.



Catatan Si Kancil: Butuh waktu lebih dari 10 detik untuk menghasilkan postingan ini, tapi cuma butuh waktu kurang dari 10 detik untuk nge-Like Kiky Si Kancil. 

Kiky Si Kancil? Gokil!

No comments:

Post a Comment

Carousel