Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Part 1) - IMedia9 - Education

Breaking

Friday, January 23, 2015

Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Part 1)

Halo teman-teman, apa kabar? Dulu banget, saya pernah coba bikin tutorial game lengkap di blog ini cuma nggak kelar-kelar. Penyebabnya banyak, sayanya lagi super sibuk, ngajar juga, nulis buku Unity juga, dan yang paling parah source programnya pada hilang jadi terpaksa ngulang lagi. Dan pada saat mau ngulang lagi, eeeh, Unity 4.6 beta rilis dengan fitur terbaru. Komplet dah alasan saya untuk mengulang tutorial Membuat Game Lengkap ala Kiky Si Kancil untuk Unity versi 4.6++. Yeeey! 


Dan sebagai pembuka, ijinkanlah saya memberikan sebuah pengumuman penting bahwa buku Unity berbahasa Indonesia telah terbit dan tersedia di toko-toko buku terdekat. Miliki segera buku tersebut karena buku itu adalah buku Unity pertama di DUNIA yang ada kancilnya, hehehe *plak malah promosi!*
 
Oke, untuk bisa mengikuti tutorial ini yang harus agan lakukan adalah menginstall Unity 4.6.  Gimana caranya? Cari sendiri ya, males bikin tutorial instalasi mah, hehehe.Untuk tutorial pertama ini kita akan bersama-sama buat sebuah SPLASH SCREEN yang menggunakan fitur menggunakan Unity 4.6 - UI.

Langkah pertama adalah buat project baru. 
Habis itu, agan siapin gambar sebagai background/splash screen
 
Masukin imagenya, bisa dengan cara drag langsung dari explorer ke panel Assets, atau klik kanan di panel Assets terus Import New Assets... Berhubung fitur UI hanya mengenal gambar sebagai Sprite dan BUKAN sebagai texture, jadi ganti dulu typenya. Klik gambarnya, ganti texture type jadi Sprite (2D and UI) terus klik apply.
Habis itu agan pasang komponen Image UI dari menu GameObject -> UI -> Image
 
Kemudian agan masukin gambarnya, bisa di drag atau browse dari Source Image
 
Selanjutnya atur-atur aja tuh gambarnya sampai memenuhi canvas.
 
Sip! Simpan dulu Scenenya dengan nama SplashScreen (mumpung inget) habis itu kita klik Play dan coba resize layar gamenya. 
Ups! Awalnya si fullscreen, tapi kalao jendelanya kita geser2 jadi ngaco tuh. Ada yang kelewat. Pilih anchor paling bawah yang nge-resize horizontal dan vertical.
 
Coba tes, dengan play dan geser2 jendelanya. Udah oke belum?
 
Nah, kalau udah kita akan coba bikin efek FADE IN. Simpel banget kok. Caranya tambahin aja lagi satu gambar. Agan masukin deh satu gambar warna super item.
 
Habis itu,agan atur2 ukurannya jadi seluas canvas. Jangan lupa di anchor juga, sekalian ganti namanya biar nggak ketuker. Habis itu bikin deh script baru namanya: SpriteFadeIn
Terus ketik deh script berikut:
1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  using UnityEngine.UI;   
4:  public class SpriteFadeIn : MonoBehaviour {  
5:       Image myImage;   
6:       // Use this for initialization  
7:       void Start () {  
8:            myImage = GetComponent<Image>() as Image;  
9:       }  
10:       // Update is called once per frame  
11:       void Update () {  
12:            myImage.color = new Color(0,0,0,Mathf.Lerp(myImage.color.a, 0, Time.deltaTime));  
13:       }  
14:  }  

Terus pasang Scriptnya DI GAMEOBJECT BLACK. Awas, jangan sampe salah gameobject karena saya bikin skripnya spesifik tanpa pake variabel public.Selanjutnya agan bikin script yang kedua namanya WaitingScript.

Terus ketik deh script berikut:
1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  public class WaitingScript : MonoBehaviour {  
4:       // Use this for initialization  
5:       void Start () {  
6:         InvokeRepeating("Waiting",3,0);  
7:       }  
8:       // Update is called once per frame  
9:       void Update () {  
10:       }  
11:       void Waiting () {  
12:            Application.LoadLevel("GameMenu");  
13:       }  
14:  }  

Biasanya untuk pembuatan delay saya pakai StartCoroutine tapi sekarang lagi pengin nyoba fungsi yang lain yang lebih gampang yaitu InvokeRepeating. Parameternya ada 3 yaitu fungsi yang akan dipanggil, waktu awal dimulai dari game nyala, interval berapa kali fungsi dipanggil. Khusus untuk InvokeRepeating nanti bakalan saya bahas terpisah dalam postingan yang lain. Untuk sekarang, jalanin aja gamenya:


Gimana? Bagus? Bagus? Bagus? Tunggu kelanjutannya di Part 2 ya. Buat agan-agan yang mau protes, karena ada tampilan error Level Game Menu bla... bla..., itu karena Scene ini manggil scene Game Menu yang belum ada. Jadi untuk sementara cuekin aja.

Catatan Si Kancil: Butuh waktu lebih dari 10 detik untuk menghasilkan postingan ini, tapi cuma butuh waktu kurang dari 10 detik untuk nge-Like Kiky Si Kancil. 


Kiky Si Kancil? Gokil!

7 comments:

  1. ini kaya di buku dech 'bab splah screen' cuma tampilnya beda...ok di tunggu tutorial selanjutnya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget. Ini adalah versi 'lain' dari membuat splash screen yang juga telah saya bahas dalam buku. Soalnya bikin splash screen di Unity itu ada banyak cara, jadi silahkan pilih-pilih sendiri mau pakai cara yang mana :-)

      Delete
  2. Di terusin gan, ini kancil konsepnya gimana mo jadi game mobile apa desktop trus ini game genre apa, trus lanjutin mpe selasi proejctnya, share iilmu sama share game, super kan kalao bisa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsepnya kayak gimana ya? sebenernya saya juga bingung kok, hahaha

      Delete
  3. Kak, sya sudah memiliki buku kakak yang berjudul Unity Tutorial Engine, sya sudah mempelajari sebagian besar materi di buku kk, yang saya prtanyakan adalah, saya mempelajari bab ' Android Illustrasion Books ", pada saat saya Bulit & Run ke bentuk Android, kok nggak bisa yah? yang jadinya adalah error. apa yang saya harus lakukan?, terima kasih.

    ReplyDelete
  4. boleh tau daftar isi bukunya apa saja?

    ReplyDelete
  5. Heleh yang dibuku itu slah syntaxnya om.. baru nyoba splashscreen.. udh sy ikuto step by step dibuild muncul warning... trus gambar splashnya ga muncul.
    kepriwekk ...
    Tada apaan tadaaa..

    ReplyDelete