Komunikasi Unity dan PHP - IMedia9 - Education

Breaking

Monday, January 5, 2015

Komunikasi Unity dan PHP



Tahun baru, semangat baru! Mengawali hari Senin pertama di tahun baru 2015 yang penuh keceriaan dan kebahagiaan ini, saya akan memposting sebuah tutorial sederhana yang super simpel tapi kayaknya jarang yang pada tahu. Seriusan! Ini tutorialnya gampang banget, dan aslinya usefull banget! Yaitu ngegabungan antara Unity dan PHP.

Buat agan-agan yang udah pernah main PHP pastinya pertanyaan ini pernah kebayang di benak agan-agan semua kan? Bisa nggak ya kalau Unity baca dari PHP? Jawabannya BISA banget! Pengen tahu apa pengen tahu banget? Capcus aja nih ke tutorial di bawah ini.
(Biar gampang ngikutinnya di sarankan agan-agan udah ngeinstall Apache + PHP atau XAMPP aja sekalian)

Pertama-tama buatlah sebuah project baru, apaan aja namanya terserah. Kedua-dua buatlah sebuah script PHP namanya bebas tapi kalau bisa unity_read.php dan simpan di root Apache (misalnya Xampp/htdocs). Terus ketikin perintah ini.

 <?php  
      echo "Hello World Unity + PHP";  
 ?>  

Ketiga-tiga buatlah sebuah script C# namanya bebas, tapi kalau bisa namanya CallPHP. Kalau bebas kenapa namanya mesti CallPHP? Iya bebas, maksudnya nama scriptnya bisa apaan aja terserah. Tapi kalau bisa CallPHP. *maksa!*


Nah, habis itu agan ketik deh script di bawah ini:

 using UnityEngine;  
 using System.Collections;  
 public class CallPHP : MonoBehaviour {  
      WWW php_data;  
      public string URL;  
      string vText;  
      // Use this for initialization  
      void Start () {  
           vText = "";  
           StartCoroutine(GetPHPData());  
      }  
      // Update is called once per frame  
      void Update () {  
      }  
      IEnumerator GetPHPData () {  
           php_data = new WWW(URL);  
           yield return php_data;  
           vText = php_data.text;  
      }  
      void OnGUI () {  
           GUI.Label(new Rect(0,0,300,50), vText);       
      }  
 }  

Tarik si script CallPHP tadi ke Main Camera dan isi bagian URL nya dengan nama url agan-agan sekalian. Berhubung saya mah pakenya XAMPP jadi si URL di isi kayak begini.


Kalau udah, pastiin itu Apache-nya aktip, terus jalanin deh Unitynya. Mantap kan?

Nah, bagian URL itu bisa diganti dengan website agan-agan sekalian kalau hosting di suatu tempat. Misalnya: http://hostingsaya/nama_file.php jadi game agan-agan nanti bakalan ngecek nilai suatu variabel secara online. Pertanyaan selanjutnya, tutorial ini baru ngebahas membaca data "statik" dari PHP. Gimana kalau datanya "dinamis"? Gimana kalau data itu juga adalah data yang diinputin sama user?



Nah, itu mah urusannya dengan MySQL kali ya? Jadi makin rame nih. Unity + PHP + MySQL. Untuk pembahasan soal ketiga makhluk ini bakalan ada di postingan saya selanjutnya. Sampai ketemu lagi.

3 comments:

  1. Gan, kalo menampilkan data yang ada di database mysql scriptnya gimana gan?

    ReplyDelete
  2. Waduh, belum nyampe sana ilmu saya mas, masih cupu, hahaha. Tapi teorinya sih dari PHP keluarin data dalam bentuk JSON, terus di Unity-nya tinggal cari fungsi nerjemahin JSON dalam C#

    ReplyDelete

Carousel