Tampilan Baru Unity 4.6 - IMedia9 - Education

Breaking

Sunday, December 28, 2014

Tampilan Baru Unity 4.6

Halo sobat-sobat penggemar Unity! Apa kabar semuanya? Sebenarnya udah lama banget gue mau update blog ini, tapi apa boleh buat karena kesibukan gue yang makin bejibun, ditambah dengan proses nyelesain novel The Astrajingga yang Insya Allah bisa terbit tahun depan, jadi deh blog ini keteteran, hahaha.


Ngomong-ngomong kalian pada nyadar nggak kalau tampilan blog ini udah ganti? (Ciee.. cie... yang udah bisa ganti tampilan blog, cie..cie...). Yup, mulai hari ini, nama blog ini resmi gue ganti jadi Unity Si Kancil - A Novelist Game Developer Diary dengan Kiky Si Kancil versi Kancil Saga sebagai maskotnya. Yeeey! *jingkrak kegirangan*


Sebenernya udah dari beberapa bulan yang lalu gue pengin ganti tampilan blog ini, tapi berhubung rada gaptek blogspot jadi weh gagal terus. Ternyata sodara-sodara, kalo anda mau ganti themenya blog di blogspot itu, abis donlot file .zip di extract dulu, baru import .xml nya. Jangan nge-uplod zipnya, ampe nenek-nenek bisa koprol sambil bilang wow juga kagak bisa atuh! *pengalaman pribadi yg nggak banget, plak!*

Postingan kali ini mungkin akan menjadi postingan terakhir tahun 2014. Untuk tahun depan, gue akan coba lebih sering memasang postingan-postingan seputar Unity di blog kita yang tercinta ini. Sekedar untuk berbagi ilmu gue yang ga seberapa ini, sekaligus untuk balas dendam kepada beberapa ahli Unity *ga gua sebut nama* yang saking jagonya make Unity sampe-sampe bilang: "Gue nggak mau ngajarin, karena gue nggak mau menciptakan kompetitor-kompetitor baru" Weiiis, bahasanya. Kompetitor cuy! Ah, gue mah nggak peduli. Mau kompetitor baru kek, mau kontraktor baru, mau koruptor baru kek, yang gue udah niat untuk berbagi ilmu (biar pun cuma tahu sedikit). Urusan rezeki mah udah ada yang ngatur!

Nah, pada postingan kali ini, gue mau ngebahas sedikit aja soal perbedaan menu di Unity 4.5 ke bawah dan Unity 4.6 yang baru-baru sudah resmi rilis (setelah sebelumnya masuk beta cukup lama). Ada banyak hal yang berubah, tapi gue cuma bahas beberapa yang kelihatan bingit. Apakah itu? Cekidot!

1. Perubahan Struktur Menu
Pada Unity 4.5 (--) cuma ada tiga menu Create, yaitu Create Empty, Create Empty Child dan Create Other. Di menu Create Other ini semua pembuatan objek 3d, light, dll ditumpuk jadi satu. Sedangkan pada Unity 4.6 (++) beberapa menu di kelompokkan agar menjadi lebih terstruktur, menu Camera dibuat terpisah dan terdapat sebuah menu baru yaitu UI. Menu ini adalah andalannya Unity 4.6


2. Bagaimana Membuat Terrain?
Pada Unity 4.5 (-) untuk membuat Terrain, menu yang diakses adalah GameObject > Create Other > Terrain.

Sedangkan pada Unity 4.6 (++) untuk membuat Terrain, menu yang diakses adalah GameObject > 3D Object > Terrain. Hal ini berlaku juga untuk objek-objek 3D lainnya seperti Cube, Sphere, dll.


3. Bagaimana Membuat Light?
Pada Unity 4.5 (-) untuk membuat Light (misalnya Directional Light), menu yang diakses adalah GameObject > Create Other > Directional Light.

Sedangkan pada Unity 4.6 (++) untuk membuat Light (misalnya Directional Light), menu yang diakses adalah GameObject > Light > Directional Light.


4. Bagaimana Membuat GUITexture?
Pada Unity 4.5 (-) untuk membuat GUITexture, menu yang diakses adalah GameObject > Create Other > GUItexture.

Sedangkan pada Unity 4.6 (++) untuk membuat GUITexture tidak ada menunya. Loh? Terus gimana dong? Jadi mulai dari Unity 4.6 nggak bisa bikin GUITexture dong? Masih bisa. Cuma nggak ada menunya aja, hehehe. Sebenernya GUI Texture itu adalah perpaduan GameObject + Component GUI Texture, kebetulan kalo di Unity 4.5 ada satu menu yang langsung di bikinin semuanya. Sedangkan kalau di Unity 4.6 mesti bikin sendiri. Jadi agan bikin GameObject, klik GameObject-nya, terus pilih menu Component > Rendering > GUI Texture.


5. Apa itu UI?
Nah, kabar kerennya sejak Unity 4.6 (beta) ada fitur super keren bingit yang sangat membantu pembuatan interface menu yaitu Menu UI.


Dengan menu UI ini, kalo agan pengin bikin menu di Unity udah persis kayak pemrogaman visual. Tinggal klik sana sini, drag sana sini, dan voila! Jadilah menu game yang jreng-jreng cihui gimanaaa gitu. Pembahasan mengenai UI ini sendiri akan dilakukan pada postingan tersendiri.

Catatan Si Kancil: Butuh waktu lebih dari 10 detik untuk menghasilkan postingan ini, tapi cuma butuh waktu kurang dari 10 detik untuk nge-Like Kiky Si Kancil. 


Kiky Si Kancil? Gokil!

2 comments: