Tutorial Unity - Membuat Date Time - IMedia9 - Education

Breaking

Thursday, August 21, 2014

Tutorial Unity - Membuat Date Time

Halo semuanya? Apa kabar? Kali ini gue mau bikin sebuah tutorial yang singkaaaat banget. Kenapa singkat? Ya suka-suka gue dong, namanya juga blog gue, hehehe. Tutorial ini sebenernya kecetus secara nggak sengaja waktu baca-baca artikel soal DateTime. Yah, gue lupa dan bahkan nggak pernah mikirin soal ini. BISA NGGAK YA UNITY NAMPILIH DATE TIME? Meski secara fungsi, pastinya kita bengong dong. Ngapain juga Game Engine nampilin jam, ga nyambung amat sama fungsinya. Iya sih, tapi kan Unity pake C#, secara pastinya itu bahasa punya script secara default untuk nampilin sesuatu yang "remeh temeh" kayak gitu. Dan ternyata coba tebak, gue butuh waktu berhari-hari cuma untuk bisa menampilkan sesuatu yang "remeh-temeh".

 Aarrrrrghhh! Rasanya kesel banget deh! Padahal gue bisa nampilin ginian dengan Delphi kurang dari semenit, tapi ini mesti keliling benua dan lautan dulu CUMA buat nampilin date time. BT banget deeeeh! Maka dari itu supaya agan-agan semua nggak mengalami kebetean yang sama seperti gue, nih, gue kasih caranya. So? Langsung aja ya. Pertama-tama, bikin dulu project baru.
 
Habis itu bikin script C# dengan cara klik kanan di panel asset, klik Create -> C# Script dan kasih nama scriptnya myDatetimer.
 
Terus agan ketik deh script di bawah ini. PENTING BANGET agan ngetik BARIS NOMOR 3, karena di situlah KONCINYA. KONCI GAN, bukan KUNCI. Pakai "O" gan, saking pentingnya:

1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  using System;  
4:  public class myDatetimer : MonoBehaviour {  
5:    DateTime myDateTime;  
6:    string strDateTime;  
7:    // Use this for initialization  
8:    void Start () {  
9:    }  
10:    // Update is called once per frame  
11:    void Update () {  
12:      myDateTime = DateTime.Now;  
13:      strDateTime = string.Format("{0:yyyy-MMMM-dd, hh:mm:ss WIB}",myDateTime);  
14:    }  
15:    void OnGUI(){  
16:      GUI.Label(new Rect(10,10,200,100), strDateTime);  
17:    }  
18:  }  

Habis itu agan pasang scriptnya di MainCamera.
 
Dan terakhir, agan klik deh tombol Play-nya.
 
Gitu deh. Bagus kan? Garing? Gimana kalo agan nyemplung aja ke empang belakang rumah? Ini scripnya nyarinya sampai berdarah-darah tahuuuuuu!!!

Aaaargghhhh!! *sabar-sabar, tarik napas dalam-dalam, tahan, PRET!* Ehm. Nah, perlu agan-agan ketahui bersama, kalo menampilkan date time ini baru langkah awal, nanti habis ini gue mau coba bikin timer counter up (TCU) atau timer counter down (TCD). TCU bisa kita pake kalo mau bikin game survival atau endeless run, sedangkan TCD bisa kita pake nanti untuk puzzle atau fighting game. Gimana? Seru kan? Makanya pantengin terus blog gue! Beli bukunya dan LIKE Kiky si Kancil, hehehe. Kiky Si Kancil? Gokil! Gokil! Gokil!

No comments:

Post a Comment