Tutorial Unity - Hello World 01 - IMedia9 - Education

Breaking

Tuesday, November 13, 2012

Tutorial Unity - Hello World 01



Untuk membuat Hello World versi Unity yang pertama adalah jalankan dulu aplikasi Unity. Buat yang lo yang baru pertama kali install, dan run, biasanya Unity bakalan langsung masuk ke aplikasi demo AngryBots. Sekedar buat nunjukin unity tuh bisa apa aja sih. Nah, terus langkah selanjutnya adalah pilih menu: FILE --> NEW PROJECT. Akan ditampilkan jendela sebagai berikut. Lo isi aja namanya apaan, dan jangan lupa CENTANG BAGIAN CHARACTER CONTROLLER. Tuh kayak gambar di bawah noh!


Habis itu lo klik CREATE. Dan tunggu beberapa saat sampai muncul jendela baru kayak di bawah ini. Nah, gue bukan expert unity sih, tapi gue bakal coba jelasin fungsi dari setiap panel2-nya apaan.


Nomor 1(Hierarchy): panel itu berisi semua objek yang sudah dipasang di scene atau layar utama. istilah objek mungkin kurang pas, kalau gue sih bilangnya, panel2 yang berisi variable.
Nomor 2(Inspector): panel yang berisi  atribut dari seluruh objek yang dipilih. Buat yang biasa pake pemrograman berorientasi objek pasti udah ga asing dengan istilangnya.
Nomor 3 (Scene): ini adalah jendela utama yang merupakan editor utama. Jadi semua objek dicemplungin di sana. 
Nomor 4 (Game):  versi real time dari scene, atau jendela preview game yang lo bikin. Jadi sebelum bener2 di build jadi exe, lo bisa lihat tampilan lo di sini. 
Nomor 5 (Project): adalah semua asset yang dipakai di dalam game buatan lo. kalo gue analogikan, asset ini bisa berarti objek, gambar dan class-class yang pernah lo bikin. 



Habis itu, langkah selanjutnya adalah bikin terrain. Caranya klik menu TERRAIN --> CREATE TERRAIN. Nanti bakalan ada terrain kayak kertas burem gitu. Itu adalah terrain, atau 'panggung sandiwara' buat para karakter dan game lo entar, hehehe. 
Punya terrain aja ga cukup, lo kudu punya pemantaunya alias kamera. Caranya gampang banget. Inget waktu pertama kali Create Project lo gue suruh centang tuh Character Controller? Nah, di panel Project lo tinggal klik aja tuh folder2 Standar Asset sampe nemuin FIRST PERSON CONTROLLER. Klik iconnya (yang biru), terus DRAG ke SCENE. 
Tampilannya kudu kayak gambar di atas. 'Makhluk' yang baru saja lo 'summon' itu adalah kamera ajaib yang berfungsi untuk bergerak di dunia 3D. Cara ngetesnya, tinggal klik aja tab GAME. Dan lo pasti liat tampilan kayak gini: 


Jalankan pergerakan dengan tombol kiri, kanan, atas, bawah / ASDW. Lo juga bisa loncat kalao neken Space bar. Gimana? Keren kan? Hanya dengan sedikit klak-klik aja lo udah bisa bikin framework game3D pertama lo! Selanjutnya gue akan bahas lebih lanjut soal terrain dkk. Dont miss it!



4 comments:

  1. gan,, kok punya ane g bisa muncul terrainnya di scene??? uda gitu juga g bisa diwarnain gan. pake plane juga g bisa.

    mohon penjelasannya. thank's :)

    ReplyDelete
  2. Itu bug doang palingan, coba aja di elus2 dulu tuh kompinya, matiin unity, baca ayat kursi baru jalanin lagi, Insya Allah lancar...

    ReplyDelete
  3. bang sama kayak Alvi bang
    waktu masuk ke aplikasi unity nya kosongan terrarin nya gak keluar

    mohon solusi bang . thank's :)

    ReplyDelete
  4. Waktu awal masuk unity memang gada terrain, klik aja Create Other -> Terrain

    ReplyDelete

Carousel