Tutorial Unity - Basic Script - IMedia9 - Education

Breaking

Monday, January 7, 2013

Tutorial Unity - Basic Script


Kali ini gue akan mencoba memberikan tutorial mengenai Unity, khususnya yang berkaitan dengan dasar-dasar script di Unity. Dan berhubung gue bisanya cuma C# jadi semua tutorial ini bakalan ditulis hanya untuk koding C#, jadi untuk lo-lo semua yang suka sama javascript atau boo, sori dori mori stroberi nih, tutorial ini nggak cocok buat lo. Jadi lo semua bisa... PERGI SANAAAAA!! *mode orang sarap ngusir ga jelas: on*


Oke, pertama-tama yang harus lo mengerti soal script di Unity adalah cara pemanggilan skrip di Unity beda banget dengan scrip yang lain. Biasanya nih, kalo di bahasa pemrograman kayak VB, Delphi atau VC++ mungkin rada lebih kaharti ya? Karena ada program utamanya, dan baris program di jalankan secara berurutan dari atas sampai bawah. Tapi kalao Unity tuh nggak. 

KARENA SCRIPT DI UNITY HANYA AKAN AKTIP JIKA SUDAH DIPASANG KE SEBUAH GAMEOBJECT DAN DIJALANKAN SESUAI EVENTNYA. INGET! AKTIP (PAKE P) BUKAN F!

Ini adalah modal dasar yang harus dimengerti oleh anda-anda sadayana. Oke, daripada pada banyak cing cong nggak jelas, bagaimana kalau kita praktek aja? Setuju? Setujuuuuu!!!


Pertama-tama, buatlah project Baru di Unity. Buat lo yang baru pertama kali pake Unity, lo bisa klik icon Unity di desktop. Buat yang lo baru pertama kali pakai windows, desktop itu layar utama pas lo ngejalanin windows. Buat lo yang baru pertama kali pakai komputer... nggak mungkin! nggak mungkin banget lo baru pertama kalo pake komputer tapi udah baca blog gue, karena seharusnya yang lo baca itu cara ngetik pake ms word!!! *ini kenapa gue jadi ngelantur begini?* Ehm. Oke, kita kembali ke jalan yang benar. Setelah buat project baru pada Unity, buatlah sebuah gameObject kosong. Caranya klik menu GameObject -> Create Empty. 


Terus kasih nama GameObjectGue. Boleh nggak pake nama yang lain? NGGAK! Kenapa? Karena ini adalah blog gue, jadi lo kudu nurut kalau nggak lo-gue-end! 


Habis itu, lo bikin sebuah script C# dengan cara klik kanan di panel Assets -> Create Script - C#. 


Kasih nama: ScriptGue. Boleh nggak pak... NGGAAAK! Ketik sesuai tutorial! *mode galak bin sadis ala mak lampir: on*


Dobel scriptnya sampai masuk ke MonoDevelop. Di sinilah kita akan mengetak-ngetik koding kita. Sebagai tutorial awal, lo cukup ketikkin koding seperti di bawah ini. Ini adalah koding SUPER DASAR PISAN yang gue bikin khusus buat para newbie. Mudah-mudahan dengan koding ini lo bisa ngerti maksud dan tujuan daripadanya si script Unity.

1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  public class ScriptGue : MonoBehaviour {  
4:   Vector3 VectorGue;  
5:   // Use this for initialization  
6:   void Start () {  
7:   VectorGue = Vector3.zero;  
8:   VectorGue.x += 1;  
9:   }  
10:   // Update is called once per frame  
11:   void Update () {  
12:   VectorGue.y += 1;  
13:   Debug.Log(VectorGue);  
14:   }  
15:   void FixedUpdate () {  
16:   VectorGue.z += 1;  
17:   }  
18:  }  

Oke, habis itu, klik PLAY dan lihat hasilnya.


Kosong kan? Nah, kata gue juga apa. Baca tuh tulisan gue di atas yang ditebelin pake bold bin kapital sadayananya. Itu penting. Script di Unity hanyalah "tulisan tak bermakna" sampai ia dipasang ke sebuah GameObject menjadi "baris-baris kode sepenuh jiwa" (halah!)


Jadi caranya, klik GameObjectGue klik AddComponent dan cari tuh si ScriptGue. Atau cara yang paling gampang, lo tarik bin drag tuh si ScriptGue langsung masuk ke dalam GameObjectGue. Thats it! Gitu doang! Itu caranya masang script. Sekarang coba perhatiin. udah ada komponen baru di GameObjectGue kan? 


Nah, kalo udah begitu baru bisa jalan scriptnya. Sekarang coba klik PLAY!


Perhatikan tulisan yang bergerak-gerak di bagian kiri bawah. Kelihatan? Gue harap lo sekarang ngerti perbedaan antara event Start(), Update() dan FixedUpdate(). Intinya adalah, ada event yang cuma dipanggil 1 kali, ada event yang dipanggil setiap frame (1 detik tuh bisa 12-25 frame), dan ada event yang dipanggil setiap frame secara konstan (per sekian detik). 

Udah gitu doang tutorial perdana hari ini. Mudah-mudahan lo semua ngerti. Kalo nggak ngerti, juga nggak apa-apa. Namanya juga belajar. Soalnya kalo lo langsung ngerti pasti langsung bikin blog tutorial Unity juga soale, hahaha. Sampai ketemu lagi nanti di tutorial-tutorial geje selanjutnya. 

4 comments:

  1. Keren bang, bahasa lu jga asikk,... itu maksudnya vector 3 apa ya??
    mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. vector 3 itu adalah koordinat berarah (x,y,z) kan namanya juga 3D pasti punya tiga titik koordinat untuk nentuin posisi sebuah gameobject

      Delete
  2. berarti kalo game 2D pake vector2 ya bang??

    ReplyDelete
  3. ane make :
    public int kecepatan;
    void update(){
    if(input.GetKey(KeyCode.D){
    transform.Translate(vector2.right*kecepatan*time.deltaTime);
    }
    }

    kok error ya bang??

    ReplyDelete